Pelajaran dan Tugas Sekolah

Bagan Alur Anekdot

PENGERTIAN ANEKDOT : Sebuah cerita singkat yang lucu dan mengesankan serta menarik yang bertujuan untuk mengkritik atau menyindir orang terkenal atau orang penting berdasarkan kejadian sebenarnya.

CIRI UMUM ANEKDOT :
o Tokoh atau partisipan faktual
o Lucu
o Kritikan atau sindiran
o Memiliki tujuan tertentu
o Didalamnya terdapat kebenaran tertentu yang bisa menjadi bahan pelajaran
o Singkat
o Judul

CIRI KEBAHASAAN
o Konjungsi temporal: Kata penghubung yang menjelaskan hubungan waktu antara dua hal atau peristiwa. Contoh: Apabila, sejak, dan sebelum
o Pertanyaan retoris: Kalimat tanya yang tidak menghendaki jawabannya. Contoh: Apakah kita diam saja saat terjadi bencana?
o Proses material: Tindakan dalam waktu lampau o Majas o Unsur interistik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
o Unsur ekstrinsik

Krisis
Bagian dimana terjadi hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada penulis atau orang yang diceritakan.

Reaksi
Bagian bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul dibagian krisis tadi.

Koda
Bagian akhir dari cerita unik tersebut bisajuga dengan memberi kesimpulan yang dialami penulis atau tokoh.


STRUKTUR ANEKDOT
1.Abstraksi
Bagian diawal paragraf yang berfdungsi memberi gambaran tentang isi teks.Biasanya menunjukan hal unik yang akan terjadi didalam teks.

2.Orientasi
Bagian yang menunjukan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi.


Contoh Anekdot

Saat berada di TransJakarta suasana TJ ramai oleh penumpang. Tiba-tiba seorang yang terkenal masuk ke dalam TJ. Ternyata dia adalah anggota DPR RI. Dia masuk lalu, ketika ada seorang warga mau duduk dia langsung merebutnya. Lalu seorang bapak berkata, “Dasar WTS!”. Kemudian saya berkata, “Loh kok Wanita Tua Susila?”, bapak itu menjawab, “Bukan dek. Maksud saya Wakil Rakyat Tanpa Sopan Santun.” Sontak semua orang di dalam TJ tertawa. Namun wakil rakyat itu menatap penumpang dengan sinis. Suasana kembali seperti semula.
BACA SELENGKAPNYA...


Mirip dengan Bagan Alur Anekdot :


0 Komentar untuk "Bagan Alur Anekdot"
Back To Top